HP Mini 1016TU, Dream Laptopnya Blogger ?

Dua minggu lalu, saya ditelepon oleh kantor tempat saya Kerja Praktek, meminta saya untuk mereview produk laptop HP di Ayo ngeBlog! ini. Saya pun kemudian dipinjami laptop yang sangat mini sekali, namanya HP Mini 1016TU, untuk dipake selama seminggu. Saya pun menuliskan pengalaman make itu di tulisan ini.
Nah, dua minggu lalu itu, saya ga tahu, kenapa kok dari sekian banyak jajaran laptop dari HP, saya dipinjemin yang tipe ini? Terus juga saya ga tahu, kenapa kok cuma dipinjemin, nggak dikasih aja sekalian? Hehehe.. :D Pertanyaan itu akhirnya terjawab, saat saya menemani ayah saya nyari laptop di Mall Ambassador Kuningan. Ternyata, di Mall Ambassador, nggak ada toko yang nggak ngejual laptop HP Mini ini! Hampir di semua toko yang saya lewatin pasti ngejual seri laptop HP Mini 1000 ini!
Hmmm, laptop mini kaya gini ternyata lagi populer dan laku keras. Nggak heran HP ngeluarin HP Mini 1016TU. Banyak produsen laptop lainnya ngeluarin laptop mini kaya gini. Ukurannya kecil banget (ukuran layar cuma 8,9″), berat yang ringan (sekitar satu kilo), performa yang ga mengecewakan (untuk sekedar aplikasi kantor sehari-hari dan internet), ga heran bikin laptop kaya gini laku keras. Makanya laptop ini rasanya pas banget buat pekerja kantoran (terutama wanita) yang mobile, wartawan, serta mahasiswa/pelajar.
Gimana pengalaman saya make laptop kecil ini? Hmm, menakjubkan! Apalagi pas dibawa ke kampus, yang rata2 laptopnya masih ukuran 14.1″ ke atas. Temen-temen terkesima semua! :D . Saya akan menuliskan pengalaman saya dalam bentuk plus minus. Plus (nulis plusnya nggak diurut berdasarkan prioritas), itu yang membuat saya bilang produk ini keren, dan Minus (juga nggak berdasarkan prioritas), itu yang membuat saya bersikap biasa aja dengan produk ini.

Bagaikan Bapak-Anak
Bagaikan Bapak-Anak

Plus yang pertama adalah dari segi tampilan luarnya: (1) Kalo beli HP Mini 1016TU, kita udah dapet tas kulit yang cakep! Matching dah pokoknya sama laptopnya. (2) Corak covernya bagus dan stylish banget. Ga perlu pake laptop skin segala. (3) Ga perlu takut laptopnya baret-baret kegores, karena saya lihat plastik pelindung cover dan layar laptopnya bagus.
Plus yang kedua adalah ukurannya yang kecil! Lihat saja, lebarnya hanya selebar uang 10 ribuan. Namanya harusnya bukannya laptop (Lap = pangkuan, top = di atas, Laptop = di atas pangkuan) lagi, tapi handtop! Karena emang bener2 bisa dipake dengan satu tangan, tanpa kerasa berat.
Plus yang ketiga, karena kecilnya tadi, bikin pekerjaan kita dimulai lebih cepat! Bayangin, buat ngeluarin laptop ini dari tas kemudian dipake, dihitung-hitung kasar hanya makan waktu 5-10 detik aja! (asumsi laptopnya sedang distandbye) Nutupnya malah lebih cepet lagi, maksimal cuma 5 detik. Tutup laptop, masukin tas kulit, terus masukin tas! Cuma itu. 10 detik deh, kalo nambah waktu masang lapisan pelindung keyboard.
Ketiga plus inilah yang membuat saya bilang kalo HP Mini 1016TU ini adalah dream laptopnya blogger! Ukurannya yang sangat kecil, gampang dibawa kemana-mana, bikin kita kalo tiba-tiba punya ide, bisa langsung menuliskannya di laptop, eh, handtop ini! :D . Lihat kan, cuma butuh waktu beberapa detik aja untuk siap nulis di laptop.

Laptop selebar uang 10 ribuan

Tapi saya punya beberapa catatan ‘negatif’ terhadap HP Mini 1016TU. ‘Negatif’-nya dikasih kutip, karena bisa jadi ini nggak negatif, tergantung sudut pandang dan kebutuhan pekerjaan kita terhadap laptop. Saya sudah biasa make laptop Acer Travelmate 2420 saya (Celeron 1,6 GHz, 1GB DDR2, 80GB HDD), jadi saya selalu ngebandingin antara HP Mini 1016TU ini dengan laptop saya sekarang.

Minus pertama yang rasanya cukup fatal adalah nggak adanya colokan RGB atau VGA-out. Itu loh, yang warna biru itu, yang biasa nyolok ke proyektor kalo mau presentasi. Ketiadaan colokan RGB ini membuat HP Mini 1016TU ini sulit dipake buat presentasi.
Minus kedua adalah tentang faktor ergonomis, khususnya touchpadnya. Tombol kliknya ada di sebelah kiri dan kanan touchpad (bukan di bawah seperti lazimnya), jadi saya kesulitan untuk make touchpad dengan satu tangan.
Minus ketiga adalah tentang performa. Dibandingin laptop saya sekarang, performanya pas-pasan. Well, sebenernya laptop ini memang tidak didisain untuk melakukan komputasi yang terlalu canggih (seperti main game dan edit video), mengingat prosesornya (Intel Atom) itu memang didisain sebagai prosesor irit baterai. Jadi wajar2 aja kalo performanya pun di bawah performa laptop saya.

Dipegang satu tangan
Dipegang satu tangan

Yap, itulah beberapa catatan yang bisa saya tuliskan tentang laptop pinjeman ini.. Apakah HP Mini 1016TU ini worth to buy? Hmm, keputusan ada di teman-teman semua. Kalo boleh disimpulkan, kelebihan utama laptop ini ada di mobilitas dan stylenya, dan sangat oke sebagai teman para blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Pengikut Blog